Wednesday, April 16, 2014
   
Text Size

Kata Pengantar

 
 
Rencana Induk Pengembangan Teknologi Informasi (RIPTI) disusun dengan tujuan, menterjemahkan rencana strategis UIN Sultan Syarif Kasim, menjadi kegiatan operasional bidang Teknologi Informasi, untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat. Selain berperan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Teknologi Informasi juga jadi sarana efektif dan efisien, untuk melaksanakan prinsip Good “University” Governance, dengan mendorong transparansi, membangun partisipasi sehingga memperkokoh akuntabilitas. Upaya penyusunan RIPTI ini, hendaknya dilandasi oleh semangat untuk meningkatkan kepuasan stakeholder perguruan tinggi (mahasiswa, orang tua, dunia kerja, pemerintah, dosen, tenaga penunjang, serta pihak-pihak lain yang berkepentingan), keinginan untuk menyempurnakan internal proses dan mendorong seluruh civitas academica untuk terus belajar dan mengembangkan diri (learn and growth). Rasa syukur kita panjatkan kepada Allah Subhana Wataala, karena atas karunia-Nya, kita diberi kesempatan untuk mengemban amanah dari negara, berupa pinjaman luar negeri yang didanai oleh Islamic Development Bank. Pinjaman tersebut, selain digunakan untuk membenahi “raga” – tangible asset - berupa bangunan megah dan peralatan laboratorium yang modern, juga harus dimaksimalkan untuk membangun “jiwa” – atau intangible asset dari UIN Sultan Syarif Kasim.
 

Tangible asset berupa sarana prasarana hanyalah salah satu dari 5 indikator kinerja penting (key performance indicator) dari borang akreditasi, yang merupakan indikator mutu program studi. Indikator lainnya adalah tata kelola, sumber daya manusia, keuangan, dan ketersediaan sistem informasi manajemen. RIPTI nantinya diharapkan dapat mendeskripsikan peran Teknologi Informasi dalam :

  • Mendorong keberhasilan mahasiswa UIN Suska agar mampu bersaing di pasar tenaga kerja.
  • Memperkokoh ciri khusus UIN Sultan Syarif Kasim (differentiation) sehingga dapat menjadi universitas pilihan masyarakat.
  • Mendorong peningkatan kualitas penelitian, menambah jumlah kepemilikan hak kekayaan intelektual dan mewartakan hasil penelitian ke seluruh dunia.
  • Mempublikasi berbagai upaya keras yang telah dilakukan “telling the story” dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, dalam kerangka pembangunan citra UIN Sultan Syarif Kasim (image building).
  • Memperbaiki internal proses untuk meningkatkan kualitas layanan kepada stakeholder perguruan tinggi.

  • 20:38:4220:38:4420:38:4620:38:4720:38:4720:38:4720:38:48
  • Membantu upaya untuk menjamin standard mutu akademis yang tinggi di UIN Sultan Syarif Kasim.

    Upaya dibidang perencanaan, pengorganisasian, pembangunan dan pengawasan sistem informasi, tentu harus diselaraskan dengan upaya memperbaiki indikator kinerja lainnya. Dan pada akhirnya, segala upaya tersebut, diukur dari keberhasilan kita, dalam meningkatkan status akreditasi program-program studi, yang tercakup dalam lingkup The Development and Upgrading UIN Sultan Syarif Kasim Project.


    Karena keberhasilan pemanfaatan Teknologi Informasi, sangat strategis bagi eksistensi UIN Sultan Syarif Kasim di masa datang, maka selaku Rektor, saya mengajak seluruh peserta Workshop Penyusunan RIPTI UIN Sultan Syarif Kasim, untuk bekerja keras menghasilkan draft RIPTI untuk kampus yang kita cintai ini. Setelah benar-benar bekerja keras, tentu hasilnya kita serahkan kepada Sang Penguasa Hari Akhir. Karena itulah, selain kerja keras, marilah kita panjatkan doa kepadaNya, agar niat baik yang dicanangkan hari ini, dapat diberikan jalan dan kemudahan, agar sampai pada titik yang kita inginkan.

    Dalam menyusun sebuah Information Technology Strategic Planning, kerja keras diiringi doa saja tidaklah cukup. Diperlukan metodologi yang tepat, agar peserta workshop dapat menyusun RIPTI secara mandiri. Untuk itu, peserta dibantu oleh narasumber yaitu Bapak Jaya Martha, Ir., MM, CMPM, untuk memahami konsep “Balanced Scorecard”, “Control Objective for Information and Related Technology” dan “A Guide To Project Management Body Of Knowledge”. Metoda tersebut di atas, telah berhasil digunakan oleh berbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri, untuk menghasilkan IT Strategic Planning-nya.

    Akhir kata, tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, yang telah mengorganisir acara ini, dan meminta agar melaksanakan tugas sebaik-baiknya, dalam melayani peserta, sehingga dapat menghasilkan produk yang kita harapkan bersama. Di akhir workshop, kami para pimpinan, akan kembali mengunjungi anda, untuk mendengar paparan hasil kerja keras peserta, selama mengikuti workshop dalam 5 hari ke depan. Selamat bekerja.

    Wassalamualikum Wahramatullahi Wabarakatuh,

    Pekanbaru, 16 April 2007

    Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

                         Rektor

     

     

    Prof. Dr. H.M. Nazir Karim, M.A

    New layer...
    New layer...
    New layer...

    Pegawai Puskom

    • An Image Slideshow
    • An Image Slideshow
    • An Image Slideshow
    • An Image Slideshow
    • An Image Slideshow
    • An Image Slideshow
    • An Image Slideshow
    • An Image Slideshow

    Jadwal Regestrasi Billing

    Pegawai

    Senin - Jum'at   08:00 s/d 12:00

    Mahasiswa

    Senin - Jum'at   13:30 s/d 16:00

    NB : Mahasiswa yang tidak mebawa KTM tidak dapat melakukan Regestrasi Billing.

    Statistik

    Members : 28
    Content : 37
    Content View Hits : 21116

    Alamat

    Alamat
     UIN Sultan Syarif Kasim Riau
    Kampus Raja Ali Haji
    Jl. H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam,Pekanbaru 28293
    POBOX 1004
    Telp 0761-562223
    Restore Default Settings